Jumat, 17 Mei 2013

Cara instsal Magento


Magento sendiri adalah Free & Open Source CMS yang berguna untuk membuka toko online saudara sekalian. Magento kalau kata om Alibilang “adalah powerful” dan di luar negeri banyak yang pakai CMS ini.
Wokeh, langkah pertama adalah install apache2, mysql, phpmyadmin, php5, php5-gd, php5-curl
sudo apt-get install apache2, mysql, phpmyadmin, php5, php5-gd, php5-curl
Lalu jalankan
/etc/init.d/apache2 start;/etc/init.d/mysql start/
Masuk ke /var/www/ lalu  download source Magento di http://www.magentocommerce.com/getmagento/1.7.0.2/magento-1.7.0.2.tar.gz dan sekalian di extract
1
cd /var/www/
wget http://www.magentocommerce.com/getmagento/1.7.0.2/magento-1.7.0.2.tar.gz
tar -zxvf magento-1.7.0.2.tar.gz
Masuk ke phpmyadmin untuk membuat database magento. Buka http://localhost/phpmyadmin , masukkan user dan password seperti saat instalasi mysql tadi (lupa tidak saya jelaskan :p). Okeh, setelah masuk klik di bawah tulisan “Create new database”, ketik magento dan klik tombol “Create”.
Screenshot 6 Cara Install Magento
Buka browser anda lalu masuk ke http://localhost/ , beri tanda centang pada “I agree blablabla…” lalu tekan tombol “continue”.
Screenshot Cara Install Magento
Pilih Default Currencynya sesuai dengan yang anda butuhkan. Jika ingin membuat toko online dengan target dalam negeri maka pilih Indonesian Rupiah lalu tekan tombol “Continue”.
Screenshot 1 Cara Install Magento
Di sini masukkan nama database beserta user dan password database yang telah dibuat tadi. Screenshot 2 Cara Install Magento
Masukan nama anda, email beserta user dan password untuk login ke admin area. user dan passwordnya terserah anda, disarankan passwordnya berbeda dengan password database.
Screenshot 3 Cara Install Magento
Alhamdulillah selesai juga, ada encryption key yang telah digenerate. Silahkan disimpan baik-baik dan jangan disimpan di hosting anda nanti :p. Screenshot 4 Cara Install Magento
Kalau sudah jadi tampilan awalnya seperti ini nih icon biggrin Cara Install Magento
Screenshot 5 Cara Install Magento

Tidak ada komentar:

Posting Komentar